Tips Menghilangkan Bunyi Ketukan di Kabin Avanza

Tips Menghilangkan Bunyi Ketukan di Kabin Avanza
Pagi-pagi buta sudah harus bangun menuju ke kantor. Bergegas kunci Avanza Sporty kuraih dan segera menyalakan mesin mobil. Dalam perjalanan kekantor terdengar bunyi aneh dari jok belakang. Bunyi yang sangat mengganggu terlebih kalau melewati jalan yang tidak mulus. Anehnya bunyi ini biasa terdengar pada saat saya sendiri.
Karena penasaran, sepulang kantor saya pun membersihkan mobil sambil memeriksa darimana sumber kegaduhan tadi pagi. Rupanya jok tengah kurang rapat, mungkin karena sering dibuka tutup saat mengantar keluarga ke bandara kemarin makanya ketika saya empaskan tetap susah untuk mengunci.
Kemarin saat pergi dengan keluarga memang tidak ada masalah karena jok penuh, nah ketika berangkat sendiri itulah jok dibelakang sering terguncang dan menimbulkan bunyi aneh seperti berdecit.
Langsung saja saya berkonsultasi dengan seorang teman di bengkel, dia pun memberikan solusi dan penjelasan seperti ini :
Penyebab jok susah terkunci karena karet kursi yang sedikit tebal, apalagi karpet mobil masih baru makanya tuas pengunci susah mencapai pengaitnya. Solusinya pengait perlu sedikit ditinggikan dengan menambah 2 buah ring di setiap bautnya. Langkahnya seperti ini :
  1. Lepaskan besi pengait yang ada di lantai menggunakan kunci ring atau pas ukuran 14 mm
  2. Pasang pada masing-masing baut 2 buah ring plat posisinya ditempatkan dibawah besi plat agar besi plat bertambah tinggi.
  3. Pasangkan kembali besi pengait ke dudukannya. Kemudian coba untuk turunkan jok, jika masih susah terkunci tambahkan lagi masing-masing satu ring.

Seklian informasi tentang Tips Menghilangkan Bunyi Ketukan di Kabin Avanza, smeoga informasi ini memberikan banyak manfaat bagi para pembaca budiman. Kami juga merekomendasikan artikel tentang SEVA Pusat Mobil Murah.


Leave a Reply