Cara Membuat Laporan Kegiatan yang Benar Beserta Contohnya

Sesudah Anda berhasil jalankan satu acara, cara setelah itu Anda harus membuat laporan kegiatan dengan tercatat. Supaya laporan kegiatan Anda bisa diterima secara baik oleh atasan serta faksi sponsor, laporan sebaiknya diatur secara baik. Berikut 5 panduan pintar langkah membuat laporan kegiatan yang bagus.

1. Lihat sisi yang perlu ada pada laporan kegiatan

Laporan kegiatan yang bagus harus mempunyai beberapa bagian yang ada berikut ini. Disamping itu, pengaturannya harus juga struktural, supaya pembaca bisa mengikut jalur kalimat di tiap komponen laporan dengan gampang. Beberapa bagian dalam laporan terbagi dalam:

a. Kata Pengantar

Kata pengantar ialah sisi penting dalam pengaturan laporan. Anda bisa membuat kata pengantar yang pendek, cukup 1 halaman dalam bahasa yang cepat serta apresiatif.

b. Dafar Isi

Untuk bikin daftar isi laporan kegiatan dalam Microsoft Word, ada trick spesial supaya letak nomor halaman serta beberapa titik penyambungnya rapi serta cepat. Pakailah menu References di bilah menu serta tentukan Table Konten. Nah, beberapa titik akan terisi dengan automatis, cukup hanya memencet tombol Tab di papan tulis.

c. Daftar Tabel

Sertakan seluruhnya daftar tabel yang ada di laporan. Janganlah lupa untuk mengecek halaman letak tabel.

d. Daftar Gambar

Gambar atau photo tidak selamanya terdapat di tambahan. Bila di rasa perlu untuk mengikutkan gambar di bab spesifik, seharusnya tambah daftar gambar atau photo dengan halaman.

e. Daftar Tambahan

Daftar tambahan adalah kelompok salinan surat hal pemberian izin atau daftar sponsor yang ikut serta dalam terselenggaranya kegiatan.

f. Bab I – Pendahuluan

Pendahuluan berisi background satu kegiatan yang sudah diadakan, arah diselenggarakannya kegiatan, serta peranan periode panjang serta pendek dari kegiatan itu.

g. Bab II – Isi

Dalam membuat laporan kegiatan yang bagus, sisi isi ialah sisi penting. Terangkan dengan detil struktur organisasi yang menolong terselenggaranya kegiatan, termasuk alat serta bahan yang diperlukan. Bila sangat mungkin, Anda bisa mengikutkan fakta kenapa memutuskan alat serta bahan itu dan harga yang tercantum di bandrol, seolah tengah membuat bujet dana yang sudah terealisasi.

h. Bab III – Simpulan serta Anjuran

Sesudah menerangkan pokok dari kegiatan di bab sebelumya, sisi akhir laporan kegiatan ialah saran dan kesimpulan untuk pembaruan untuk kegiatan seterusnya.

i. Daftar Pustaka

Waktu membuat laporan kegiatan, Anda pun membutuhkan buku rujukan, khususnya di bagian background. Sertakan seluruhnya rujukan buku yang digunakan di daftar pustaka.

j. Lampirkan kuitansi, surat penting, publikasi tempat bikin

Lampirkanlah dokumentasi, arsip kuitansi, serta surat penting yang lain jadi sinyal bukti di halaman tambahan.

Supaya atasan serta faksi sponsor mempercayakan kembali kegiatan sama, seharusnya contoh laporan kegiatan memakai bahasa yang sesuai EYD. Formasi bahasa yang resmi serta informatif akan sanggup meringkas semua isi kegiatan dalam laporan.

3. Melengkapi laporan kegiatan dengan photo

Langkah membuat laporan kegiatan yang bagus harus juga mengikutkan photo kegiatan. Photo ialah deskripsi riil sekalian berperan jadi narator yang menggambarkan semua serangkaian kegiatan. Pilih photo yang bisa menceritakan serta merekam peristiwa penting untuk diikutkan di laporan kegiatan.

4. Jabarkan kesusahan serta kendala

Sebenarnya, semua kegiatan tentu mempunyai kesusahan serta kendala. Laporan kegiatan yang bagus umumnya mengikutkan rincian kesusahan serta kendala kegiatan secara jelas supaya bisa memberi saran dan kesimpulan yang pas di Bab III.

5. Ubah ulangi sebelumnya laporan kegiatan diciptakan

Sebelumnya diciptakan, check serta bacalah datang dari awalnya sampai akhir. Kerjakan proses pengeditan serta koreksi untuk memperbaiki laporan kegiatan.

Demikian 5 panduan pintar langkah membuat laporan kegiatan yang bagus. Mudah-mudahan bisa menolong memperbaiki laporan kegiatan yang akan Anda sampaikan di atasan serta faksi sponsor.

 


Leave a Reply